TIPS sebelum menghadapi Interview

Interview merupakan sebuah proses yang menjadi nilai penting sebelum Anda di terima di sebuah perusahaan. 



Di proses inilah sebuah perusahaan akan menilai apakah Anda sudah layak untuk bergabung di perusahaan tersebut atau belum. 

Maka proses ini harus kita gunakan sebaik mungkin demi kelancaran dalam proses sebuah Recruitment yang akan menentukan masa depan Anda di perusahaan tersebut.

Proses ini pun terjadi setelah Anda mendapatkan sebuah konfirmasi dari perusahaan yang Anda lamar baik via Email, SMS, atau telepon yang menyatakan ketertarikan perusahaan tersebut terhadap informasi yang Anda kirimkan melalui surat lamaran kerja. 

Sehingga perusahaan mencoba untuk mengenal lebih dekat terhadap kecocokan kepribadian Anda dengan pekerjaan yang telah Anda lamar tersebut. 

Untuk itu, mari kita simak beberapa tips yang bermanfaat sebagai bahan referensi Anda.

1. Cari detail perusahaan dan job desk mengenai pekerjaan



Hal ini adalah salah satu upaya yang menunjukkan ketertarikan dan keseriusan Anda pada perusahaan yang Anda lamar tersebut. Tidak jarang sebuah perusahaan menanyakan tentang pengetahuan yang Anda miliki mengenai perusahaan yang Anda lamar dan juga job desk yang nantinya akan Anda kerjakan.

Untuk menggali informasi tersebut, Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari 'Google' untuk membantu memberikan beberapa informasi yang mungkin Anda butuhkan, baik tentang perusahaan maupun job desk nya.

Dengan demikian, setidaknya sebelum Anda masuk ke tahap interview, minimal Anda mempunyai gambaran di perusahaan yang Anda lamar tersebut.

Apabila diberi kesempatan untuk bertanya, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Usahakan mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan dengan perusahaan tersebut sehingga Anda meninggalkan kesan bahwa Anda mempunyai ketertarikan yang tinggi di perusahaan itu.

2. Datang sebelum jam yang di tentukan



Poin kedua adalah salah satu poin penting yang tidak boleh Anda langgar, karena tidak sedikit perusahaan yang mempunyai kedisiplinan  tinggi dan sangat menghargai waktu.

Untuk itu, usahakan datang sebelum waktu yang di tentukan di perusahaan tersebut. Minimal Anda datang On time pada waktu yang sudah di tentukan dan jangan sampai terlambat.

Buatlah kesan yang baik untuk tahap pertama, jangan sampai perusahaan sudah mengecap negatif terhadap diri Anda karena keterlambatan yang Anda lakukan. Padahal Anda belum sempat menunjukan kemampuan yang seharusnya bisa membantu Anda diterima di perusahaan tersebut. 

3. Gunakan pakaian formal dan rapi



Apa sih yang akan dinilai pihak HRD saat pertama kali melihat calon karyawannya pada saat interview ? Jawabannya selain Karakteristik yang baik seperti kedisiplinan, pengetahuan dan kemampuan atau potensi, tentu saja mengenai kerapian diri Anda sendiri.

Kerapian diri Anda juga menunjukkan bahwa Anda dapat menjaga diri Anda dengan baik. Jika dalam kerapian saja tidak bisa Anda tata dengan baik, bagaimana nanti dengan kondisi pekerjaan yang akan Anda kerjakan? hal tersebut tentu akan menjadi tanda tanya perusahaan tersebut.

4. Berlatih menjawab pertanyaan yang akan diajukan perusahaan



Bagi yang mempunyai komunikasi yang baik, hal ini tentu tidak terlalu sulit. Namun bagi Anda yang mempunyai komunikasi yang kurang baik (Dalam artian terbata-bata atau amburadul dalam menjawab sebuah pertanyaan atau komunikasi itu sendiri) maka hal ini perlu Anda lakukan.

Gunakan waktu luang Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin akan di ajukan oleh perusahaan terkait pekerjaan yang Anda lamar tersebut. Jika memungkinkan cari seorang partner untuk mengetes kemampuan komunikasi yang Anda miliki apakah sudah baik, atau masih perlu diperbaiki.

Atau jika tidak ada partner yang bisa membantu, gunakan saja cermin yang ada untuk membantu Anda berlatih komunikasi yang baik. Tatap diri Anda sendiri dan belajarlah untuk mengatur ekspresi dan komunikasi yang nantinya akan Anda lakukan. Lakukan percakapan seakan-akan memang Anda sudah memasuki tahap interview tersebut.

Kurangnya kemampuan komunikasi juga bisa membuat perusahaan berpikir bahwa Anda tergolong ragu-ragu. Padahal Anda hanya kurang baik saja masalah komunikasi dan sebenarnya mampu mengemban beban pekerjaan yang Anda lamar tersebut.

5. Sugestikan ke diri Anda sendiri bahwa Anda layak pada pekerjaan tersebut




Hal ini termasuk ke dalam permainan psikolog yang bisa Anda gunakan, walaupun sederhana dan terlihat sepele namun hal tersebut bisa membantu Anda mengeluarkan aura bahwa Anda benar-benar yakin dan mampu bisa mengemban tugas yang akan Anda terima nantinya jika perusahaan merasa cocok dengan Anda.

Hal tersebut biasanya bisa membantu Anda lebih percaya diri dan bisa menunjukkan segala kemampuan yang anda miliki lewat komunikasi pada saat Interview.

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata 'segalanya berawal dari niat'. Kata yang sederhana tersebut sebenarnya memiliki inti dari sugesti itu sendiri. Karena dari situ kita bisa mengambil kesimpulan pentingnya penanaman sugesti yang baik ke dalam diri kita untuk melakukan segala aktifitas apapun.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat bagi Anda yang akan menjalankan interview dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Cara di atas memang tidak menjamin Anda bisa di terima di sebuah perusahaan, tetapi minimal Anda mengetahui sedikit trik untuk menghadapi proses Interview tersebut dan tidak melakukan kesalahan yang fatal.

Jika ada pertanyaan seputar info loker terkait, silahkan ajukan melalui kolom komentar di bawah ini. Mohon untuk tidak melakukan SPAM. Terimakasih - Admin Batam job fair.
EmoticonEmoticon